Ternak Pedaging Lokal Indonesia+62admin@pusatstudipedaging.com

PELATIHAN STRATEGI BREEDING SAPI POTONG

Tim Riset Group Ternak Pedaging Universitas Brawijaya pada tanggal 15 Mei 2018 mengadakan Pelatihan Strategi Breeding Sapi Potong. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Leran Kulon Kecamatan Palang Kabupaten Tuban Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindaklanjut dari program yang telah dilaksanakan pada tahun 2017 yakni pendampingan Pembentukan Cluster Ternak Sapi Potong di Kabupaten Tuban. Acara ini dihadiri oleh tim pelaksana dari Riset Group Ternak Pedaging yang diwakili oleh Dr. Ir. Kuswati, MS yang menyajikan materi tentang Pendampingan Klaster Sapi Potong di Kec Palang Kabupaten Tuban tahun 2018 dan Dr. Ir. Nurul Isnaini MP yang membawakan materi tentang Strategi Pembibitan Sapi Menggunakan Inseminasi Buatan (Satu Tahun Melahirkan Satu Anak Jantan).

Kegiatan ini diikuti oleh 60 peternak yang merupakan binaan dari Riset Group Ternak Pedaging yang bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tuban serta kerjasama dengan Bank Indonesia yang diwakili oleh Bapak Irchamni (Asisten Direktur BI Jatim) dan Bapak Nasakti Nasution (Konsultan BI). Materi yang diberikan direspon cukup positif terutama tentang pelaksanaan program. Beberapa hal yang menjadi perhatian dalam pelaksanaan program menurut Dr. Ir. Kuswati, MS tentang strategi breeding sapi potong yakni perlunya penguatan pakan yang berkualitas dengan pemberian hijauan melalui penyuluhan dan demo plot penanaman tanaman pakan ternak (Rumput Odot dan Leguminosa indigofera), Pelaksanaan program 2018 yakni Seleksi dan IB menggunakan semen Sexing pada sapi dengan BCS 4, Tambahan program pakan melalui pemberian susu pup bagi pedet yang telah lahir dan tambahan pakan konsentrat bagi induk.

Strategi pembibitan sapi menggunakan inseminasi buatan (satu tahun melahirkan satu anak jantan) juga mendapatkan perhatian dari para peternak. Menurut Dr. Ir. Nurul Isnani menyampaikan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan inseminasi buatan yakni berasal dari kualitas semen, genetik dan fisiologi, lingkungan, ketepatan teknik IB yang berpengaruh pada kondisi fisiologi sapi betina dan berpengaruh kepada keberhasilan inseminasi buatan dan Keberhasilan sapi bunting di tentukan oleh ketepatan waktu inseminasi dengan awal yakni ketepatan penentuan waktu birahi, penyuntikan semen pada sisi uterus yang tepat dan kematangan ovum.

Jadwal pelaksanaan program yakni tahap persiapan yaitu pemberian konsentrat, pemberian vitamin dan IB menggunakan semen beku sexing, cek birahi pada hari 19-21, pemeriksaan kebuntingan pada umur 3 bulan, USG pada umur 6 bulan, tahap partus dilakukan pengecekan agar hewan tidak distokia. Peternak yang hadir cukup antusias dengan adanya pelaksanaan kegiatan ini dengan aktif berdiskusi tentang strategi pemberian pakan yang baik untuk indukan sapi potong, tata cara pemeliharaan pedet dan betina bunting serta penanganan kesehatan reproduksi ternak.

Gambaran Pelaksanaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *